EXO

EXO

Jumat, 04 November 2011

Pengantar Grafik Komputer dan Olah Citra

Grafik komputer adalah proses pembuatan ,penyimpanan,dan manipulasi model dan citra.
Pertama kali ditemukan oleh William Fetter pada tahun 1960 dalam bentuk desain model cockpit dan desain kerangka manusia.
Komponen dasar sistem grafik :
  • input : mouse,keyboard,scanner,tablet,stylish.
  • output : monitor(LED.AMOLED).printer,projector.
  • proses (penyimpana)
Elemen-elemen pembentuk grafik :
  • geometri : titik ----> garis (poligon,kurva,lingkaran)
  • warna : RGB,CMYK,sistem visual.
Kegiatan yang berhubungan dengan grafik komputer :
  1.  animasi : menampilkan citra yang berubah ,tingkah laku terhadap waktu.
  2.  rendering : pembuatan model yang lebih solid dari model yang sudah di bentuk.
  3.  pemodelan citra 2D & 3D.
Kegunaan - kegunaan grafik komputer :
  1.  seni,hiburan,periklanan
  2.  pemantauan proses
  3.  simulasi tampilan
  4.  computer aided design
  5.  analisa dan visualisasi scientific.
Komponen grafik komputer :
  • titik/paint ---> pixel(picture element)
  • line/garis---> menghubungkan titik
  • vertex---> titik dalam 3D
  • Edge ---> garis yang menghubungkan vertex
  • polygon ---> kumpulan bangun sembarang yang terdiri dari beberapa titik
  • raster ---> grafik yang berisi kumpulan titik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar