Pertama kali ditemukan oleh William Fetter pada tahun 1960 dalam bentuk desain model cockpit dan desain kerangka manusia.
Komponen dasar sistem grafik :
- input : mouse,keyboard,scanner,tablet,stylish.
- output : monitor(LED.AMOLED).printer,projector.
- proses (penyimpana)
- geometri : titik ----> garis (poligon,kurva,lingkaran)
- warna : RGB,CMYK,sistem visual.
- animasi : menampilkan citra yang berubah ,tingkah laku terhadap waktu.
- rendering : pembuatan model yang lebih solid dari model yang sudah di bentuk.
- pemodelan citra 2D & 3D.
- seni,hiburan,periklanan
- pemantauan proses
- simulasi tampilan
- computer aided design
- analisa dan visualisasi scientific.
- titik/paint ---> pixel(picture element)
- line/garis---> menghubungkan titik
- vertex---> titik dalam 3D
- Edge ---> garis yang menghubungkan vertex
- polygon ---> kumpulan bangun sembarang yang terdiri dari beberapa titik
- raster ---> grafik yang berisi kumpulan titik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar