EXO

EXO

Selasa, 23 November 2010

organisasi pada kegiatan mahasiswa

UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Selain potensi pada bidang studi yang mereka pilih, potensi yang mereka punyai ternyata perlu dan seharusnya mendapatkan pengembangan serta perhatian oleh mereka sendiri. Fakultas atau universitas memberikan wadah bagi mahasiswa yang mempunyai potensi agar dapat mengembangkan, mengaktualisasikan dan mensosialisasikan ide-idenya.

sebagai contoh ,

Kegiatan mahasiswa di Universitas Gunadarma dilaksanakan oleh Ormawa yang ada di lingkungan Universitas Gunadarma. Ormawa dibentuk dan diselenggarakan dengan tujuan:


a) Sebagai wadah pembinaan sikap dan kepribadian, serta menanamkan nilai luhur dalam diri mahasiswa. Nilai luhur yang dimaksud diantaranya adalah, bermoral, cinta tanah air, disiplin, etos kerja tinggi, sportif dan lain sebagainya.


b) Sebagai wadah kegiatan kokurikuler dan ekstra kurikuler yang merupakan bagian terpadu, sebagai salah satu alat untuk mencapai tujuan pendidikan tinggi seperti yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah No. 60/1992, yaitu: (i) Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memilik kemampuan akademik dan atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan atau memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, teknologi dan atau kesenian, (ii) Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmub pengetahuan, teknologi dan atau kesenian serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasioanal.


c) Kegiatan kokurikuler yang dimaksud di atas adalah kegiatan mahasiswa berdasarkan pada penalaran keprofesian atau keilmuan sesuai dengan program studi, sedangkan kegiatan ekstrakurikuler yang dimaksud di atas adalah kegiatan mahasiswa berdasarkan bakat, minat dan penalaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar