EXO

EXO

Selasa, 02 November 2010

sejarah perkembangan ilmu manajemen

I. PENDAHULUAN

Manajemen mempunyai arti melaksanakan dan mengatur.Dengan adanya manajemen kita bisa mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk keperluan mendatang.Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang sudah ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.

II.SEJARAH PERKEMBANGAN ILMU MANAJEMEN

Dalam perkembangan peradaban rnanusia, ilmu terbagi menjadi tiga kelompok besar, yaitu :

1. Ilmu yang mempelajari seluruh gejala, bentuk dan eksistensinya yang berkaitan erat dengan alam beserta isinya dan secara universal mempunyai sifat yang pasti dan sarna serta tidak dipisahkan oleh ruang dan waktu, disebut ilmu eksakta, contoh : fisika, kimia dan biologi.

2. IImu yang mempelajari seluruh gejala rnanusia dan eksistensinya dalam hubungannya pada setiap aspek kehidupan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat dinamakan ilmu sosial/non eksakta, misalnya : ekonomi, politik, psikologi, sosiologi, hukum, administrasi dan lain-lain.

3. IImu humaniora, kumpulan pengetahuan yang erat hubungannya dengan seni, misalnya : seni tari, seni lukis, seni sastra, dan seni suara.

IImu manajemen merupakan salah satu disiplin ilmu sosial. Pada tahun 1886, Frederick W. Taylor melakukan suatu percobaan time and motion study dengan teorinya ban berjalan. Dari sinilah munculnya konsep teori efisiensi dan efektivitas. Kemudian Taylor menulis buku berjudul The Principle of Scientific Management (1911) yang merupakan awal dari munculnya manajemen sebagai ilmu.

Selain itu , ilmu manajemen sebagai ilmu pengetahuan mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
1. Adanya kelompok manusia, yaitu kelompok yang terdiri atas dua orang atau lebih.
2. Adanya kerjasama dari kelompok tersebut.
3. Adanya kegiatan usaha
4. Adanya tujuan

ilmu manajemen merupakan kumpulan disiplin ilmu sosial yang mempelajari dan melihat manajemen sebagai fenomena dari masyarakat modem. Dimana fenomena masyarakat modem itu merupakan gejala sosial yang membawa perubahan terhadap organisasi.

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kehidupan suatu organisasi, yaitu :
1. Tekanan pemilik perusahaan
2. Kemajuan teknologi
3. Saingan baru
4. Tuntutan masyarakat
5. Kebijaksanaan pemerintah
6. Pengaruh dunia Internasional


III.PENUTUP

Dari penjelasan di atas,dapat ditarik kesimpulan bahwa manajemen itu mempunyai fungsi,faktor, dan ciri-ciri yang menjelaskan manajemen itu sendiri.

IV.DAFTAR PUSTAKA

www.google.com
id.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar